Keuntung Dari Kulit Sapi

Kulit kerbau dan kulit sapi dari rumah pemotongan hewan umumnya sulit buat dipasarkan, dan selama ini hanya dikenal sebagai bahan untuk membuat Bedug untuk masjid dan surau. Namun tidak demikian untuk warga di desa Penanggulan, Kecamatan Pegandon, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Kulit kerbau dan kulit sapi dapat dapat dibuat menjadi makanan khas daerah Kendal, yaitu kerupuk rambak.
Kerupk kulit kerbau dan kulit rambak sapi yang diproduksi macam-macam industri rumah tangga di Kecamatan Pegandon, Kendal, sangat cocok untuk hidangan pelengkap di meja makan. Tidak mengherankan, kerupuk yang bercita rasa gurih ini paling dicari oleh para pemudik pada saat mampir di Kota Kendal. Mahmudin merupakan salah satu pengusaha kerupuk yang mengais rezeki dari kerupuk kulit. Dengan bendera Dwi Djaya Pegandon, Mahmudin terus melebarkan sayapnya.
Proses pembuatan kerupuk rambak adalah 10 hari. Dimulai dari membeli kulit kerbau maupun kulit sapi dari sejumlah pengepul. Kulit hewan itu lalu direbus, sesudah itu dipotong kecil-kecil, kemudian dikeringkan dengan sinar matahari, dioven, dikeringkan dengan matahari lagi, lalu digoreng dengan minyak sayur.
Dengan mempergunakan 2 tenaga kerja, Ahmad bisa menggoreng sekitar 700 buah kerupuk per hari. Keuntungan dari usaha ini cukup menarik, yaitu mencapai 50% lebih dari modal yang dikeluarkan. Contohnya bila membeli kulit sapi seberat 10 kg seharga Rp350 ribu, sesudah diolah dan menjadi kerupuk matang akan laku dijual kurang lebih Rp 1 juta seratus ribu.
Selain krupuk rambak, di Pegandon terdapat makanan khas pula yang tidak ada duanya yaitu sate bumbon. Sate ini adalah sate sapi yang dikasih bumbu khas, dan umumnya disandingkan dengan sayur nangka dan lontong.

jkulit sapi dan kulit kambing

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s