Festival Sapi di Kampus India Berujung Ricuh

Kulit sapi

Festival Sapi di Kampus India Berujung Ricuh

Festival sapi di Osmania University, India, berakhir dengan kekisruhan. (Foto: youtube/huffington post)
INDIA – Festival sapi yang digelar oleh di Osmania University di Hyderabad, India, baru-baru ini berakhir dengan kekisruhan. Sekira 100 anggota organisasi Hindu sayap kanan, Akhil Bharatiya Vidyarti Parishad (ABVP), memprotes festival tersebut, dan menyebabkan lima orang terluka.

Festival memakan daging sapi ini digelar oleh para mahasiswa dari kasta Dalit, kasta terendah di India, pada 15 April lalu.  ABVP memprotes festival ini karena mengonsumsi sapi adalah bertentangan dengan keyakinan Hindu.

Pemimpin senior ABVP Ramkrishna menyatakan kepada BBC, seperti dilansir Huffington Post, Jumat (20/4/2012), “Hari ini mereka meminta daging sapi, besok mereka akan meminta alkohol.”

Festival ini sendiri diselenggarakan untuk menentang “fasisme makanan” di kampus. Penyelenggara festival meminta daging sapi untuk dimasukkan ke dalam menu makanan kafetaria di kantin kampus.

Pihak kepolisan setempat menjelaskan, festival tersebut dimaksudkan untuk membuat penekanan bahwa kebiasaan makan kasta-kasta tinggi perlu dilawan. “Kelompok mahasiswa yang menentang festival ini beralasan, kegiatan tersebut menentang budaya India,” ujarnya.

Lebih dari 1.500 mahasiswa menghadiri festival tersebut serta mengonsumsi berbagai makanan yang dibuat dari daging sapi. Festival sapi ini dihelat oleh Asosiasi Pelajar Telangana, Perkumpulan Progresif Mahasiswa Demokrat, Federasi Pelajar India, serta kelompok mahasiswa dari Inggris dan perguruan tinggi bahasa asing di India.

Wakil Rektor Osmonia University S Satyanarayana menyatakan, tidak akan ada perubahan dalam menu kafetaria kampus.

Di luar kerusuhan yang terjadi, penyelenggara festival mengaku puas dengan tingginya animo pengunjung, serta berniat menjadikannya kegiatan tahunan. Festival ini juga menjadi buah bibir di berbagai jejaring sosial, termasuk Twitter.(rfa)

sumber
okezone

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s